Wednesday, January 29, 2014

REVIEW BUKU THE NEW HISTORY BAB I DAN II Karangan Alun Munslow


BAB I  EPISTEMOLOGI DAN BERPIKIR SEJARAH
Dalam bab I mengulas secara singkat pemikir positivisme yang mempengaruhi struktur pemikiran historis antara abad ketujuh belas dan akhir kesembilan belas.  Artinya bagaimana dan mengapa model empiris analitis menjadi kerangka modern untuk studi masa lampau meskipun terus menerus ditantang oleh kecenderungan metafisis yang menekankan peran pikiran dan estetika dalam mengubah masa lalu ke sejarah.

  • MASALAH EPISTEMOLOGIS DALAM SEJARAH.
Epistemologi berasal dari bahasa Yunani episteme yang berarti pengetahuan dan logos yang berarti alasan. Epistemologi adalah cabang filsafat yang berhubungan dengan asal, karakter dan batas-batas pengetahuan dan keyakinan yang paling penting pembenarannya (Audi 1998 : VIII).
Dimulai dari filsuf Prancis Rene Descartes (1596-1650) yang berkeinginan untuk mengetahui dasar pengetahuan yang benar, dimana zaman modern telah ditandai oleh kesediaan untuk terlibat dalam proses keraguan diri. Fase modernisme ini menekankan pemikiran yang auto kritis, jujur atau menekankan makna yang sebenarnya.
Pada umumnya filsuf sejarah cenderung mengajukan pertanyaan epistemologi yang sama, yaitu apa yang cocok sebagai struktur penjelasan historis? Pertanyaan ini mendorong dua pertanyaan lebih lanjut, pertama, dapatkah mempelajari masa lalu dalam suatu tujuan dengan cara bebas nilai dan benar? Kedua, apa peran narasi dalam mengekpresikan pengetahuan sejarah?
Bahwa penjelasan historis dapat dilakukan dengan pendekatan rekontruksionisme, konstruksionisme, dan dekontruksionisme. Meskipun rekontruksionis dan kontruksionis sepakat bahwa ada masa lalu yang secara akurat dapat diketahui, namun mereka tidak berbagi kesepakatan atas metodologi yang paling tepat. Sedangkan Dekontruksionis, memiliki keraguan tentang epistemologi, tidak ada metode yang terbaik dalam mengungkapkan kebenaran masa lalu. Mereka yakin ada cara untuk mendapatkan realitas masa lalu dari pentingnya narasi yang sebenarnya untuk menciptakan pengetahuan sejarah.
Mink Louis melihat fungsi narasi sebagai penelusuran pola dalam peristiwa, sedangkan Paul Ricour memandang narasi sebagai mekanisme yang memungkinkan pemahaman kita tentang waktu itu sendiri.
Dengan peran narasi di garis depan pikiran, maka hal ini sebagai langkah awal penting untuk meninjau perkembangan pemikiran sejarah hingga abad ke 19 ketika kontruksionis sejarah dalam bentuk positivisme menjadi bentuk dominan, yang kemudian muncul pengandaian dari filsafat barat yaitu logo dan logosentrisme.

  • LOGO DAN LOGOSENTRISME.
Pemikiran masa pra Socrates, yaitu filsuf Yunani sekitar 2.500 tahun yang lalu adalah memahami karakter fundamental alam semesta tanpa mengacu pada mitos dan sihir. Tradisi filsafat alam terus berjalan dalam arah epistemologi setelah Socrates melalui Plato dan Aristoteles pada abad ketiga dan keempat. Filsuf Yunani prihatin dengan masalah besar sperti Universitas dan sifat khususnya, karakter kesinambungan dan perubahan, realitas dan ekspresi, sedang dan non sedang.
Upaya untuk menemukan atau mengetahui Logo adalah melalui empirisme. Logo adalah struktur yang menembus semua benda dan representasi. Pemikiran filsuf Yunani bertujuan untuk memahami sifat penting kosmos, bahwa aturan-aturan semua keragaman tampak jelas. Kesamaan, Kemiripan, dan perbedaan yang dihasilkan keinginan berlanjut hingga saat ini dalam skema epistemologis empiris analitis untuk menemukan hakekat realitas.
Bahwa pikiran manusia memiliki kapasitas untuk mengetahui struktur realitas melalui penyelidikan data (empirisme), kesimpulan dari makna (analisis) dan laporan yang akurat (representasi).
Keberhasilan filsuf Perancis Jacques Derrida melalui dekontruksionisme dikritik sebagai logosentrisme, yang berarti sebagai keyakinan yang menyertai empiris analitis epistemologi, bahwa ada tatanan alami dari prioritas antara kebenaran, makna, dan bahasa.

PENCERAHAN : RASIONALISME DAN EMPIRISME.
Filsuf pencerahan sampai abad ketujuh belas dan berikutnya adalah berbagi empiris analitis, logosentris untuk menemukan sifat sejati dari realitas melalui penyelidikan empiris, penerapan penalaran induktif dan deduktif secara akurat.
Filsafat pencerahan adalah awal antara rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme berpegang pada aspek pandangan Platonis tentang karakter realitas dengan penerapan alasan. Para rasionalis atau konseptualis seperti Descartes, Benediktus, Spinoza, Gottfried percaya ada ide tertanam atau konsep yang independen dari pengalaman material.
Konsep atau ide tersebut disebut apriori yang berasal dari sifat dasar dan cara kerja pikiran yang berinteraksi dengan realitas material. Rasionalisme juga disebut apriorisme yang menekankan pada peran akal dan pengetahuan, menentang prioritas pengalaman indrawi. Kekuatan pikiran digunakan untuk menyimpulkan hubungan antara obyek dan membayangkan atau intuisi pengetahuan yang didasarkan pada pengalaman faktual.
Tokoh penganjur akal sehat seperti George Berkeley dari Irlandia (1685-1753) dan David Hume dari Skotlandia (1711-1776) berpendapat bahwa keyakinan yang dapat dibenarkan harus dibentuk oleh pengalaman atau empiris yang obyektif meskipun skeptis.

  •       IMMANUEL KANT (1724-1804).
            Immanuel Kant dan Ludwig Wittgenstein berpendapat, bahwa untuk  menilai makna melalui latihan imajinasi,  dan  pengetahuan yang berguna tidak dapat timbul dari referensialisme saja tetapi juga pikiran. Elemen aktif dalam mengetahuisesuatu bukan hanya dalam mengorganisir data, tetapi juga dalam mengatur proses input data.           
            Kant juga berpendapat  bahwa persepsi nyata hanya awal dari proses mengetahui dan bukan proses akhir, konsep hanya mengacu pada realitas dan tidak diproduksi, oleh karenanya Kant berupaya untuk mendamaikan rasionalisme dan empirisme serta menghubungkan realitas yang berdasarkan referensi.
            Lebih lanjut Kant berpendapat bahwa konsep-konsep pluralitas, kebutuhan negasi, kontingensi menyebabkan efek, kenyataan dapat dipahami karena kategori-kategori dan konsep-konsep yang mengaturnya. Kant mengklaim bahwa dengan kompromi maka sangat nyaman untuk konstruksionis, dan pikiran bisa memenuhi jalan realitas. Kant berpegang pada gagasan yang agak lebih canggih bahwa pikiran adalah sumber dari hukum alam, yang berpikir tentang kausalitas.
Kant menyarankan perlunya membalikkan akal sehat, dimana pengetahuan disesuaikan dengan dunia benda, yakni benda-benda sejarah yang masuk akal tapi tidak diketahui. Artinya pengetahuan kita tentang masa lalu adalah tak terhindarkan oleh pengaruh pikiran atau subyektif, dan tidak bisa obyektif atau jujur dalam arti empiris yang ketat. Kemampuan untuk menceritakan yang terbaik dianggap sebagai bagian integral dari kemampuan berpikir, hal ini berperan penting dalam penciptaan pengetahuan sejarah dan makna.

  •   FRIEDRICH NIETZSCHE (1844-1900).
            Ketika Kant berargumen bahwa dunia pengalaman dibentuk oleh universal dan kategori pemikiran apriori, hal ini ditolak oleh filsuf Jerman Friedrich Nietzsche. Ia mengklaim tidak perlu dan tidak valid, dan menolak untuk menerima gagasan tentang dunia nyata yang diproyeksikan dengan mental. Nietzsche berpendapat sebaliknya bahwa kebenaran sementara itu, mungkin atau mungkin tidak mencerminkan realitas, pasti selalu kepentingan kemajuan dan nilai-nilai. Pemahamannya adalah  bahwa semua pernyataan untuk mengetahui berada pada interpretasi terbaik atau pertimbangan nilai yang berasal dari perspektif yang berbeda.
            Pandangan Nietzsche hanya satu interpretasi atau posisi representasi bahwa ia telah memilih untuk mengatasi dengan apa yang ia mengandaikan menjadi sifat eksistensi. Dengan demikian, sangat mungkin perspektivismenya munafik.
            Bagi Nietzsche tidak ada keyakinan sebenarnya hasil dari kausalitas obyektif berdasarkan pada pengulangan peristiwa, ia menyangkal adanya proses historis, jika kita berpikirkita  bisa menyebabkan kebenaran, menurutnya sejarah harus seni, sehingga ia menolak pretensi ilmiah dari model empiris analitis.

  •   G.W.F. HEGEL (1770-1831).
     Visi Hegel, sejarah tumbuh dari pertanyaan bagaimana subyektivitas sejarawan menghubungkan dengan masa lalu? Ia menempatkan masa lalu di pusat pemikirannya tentang mengetahui. Bagi Hegel dunia materi dan pikiran adalah bagian dari realitas yang sama dan lebih jauh lagi sangat penting, dan seluruh alam semesta adalah salah satu ide. Hegel menekankan dasar metaforik atau kiasan penulisan sejarah, fakta harus diungkapkan dan diberi makna kiasan. Sejarah adalah tidak hanya apa yang terjadi tetapi narasi subyektif oleh para sejarawan yang dianggap sebagai sejarah yang benar, tetapi merupakan politik yang dramatis dan sering tragis.
  

BAB. II  KENYATAAN DAN KORESPONDENSI
            Untuk mengatasi keyakinan-keyakinan konvensional yang paling dasar dimiliki oleh sejarawan, khususnya keyakinan pada realitas masa lalu kemungkinan korespondensi sejarah. Harapan dari metode empiris dan inferensial adalah agar bisa obyektif memisahkan antara ontologis dan merepresentasikan pengetahuan sejarah masa lalu yang nyata.

  •         HISTORISISME DAN HERMENEUTIKA.
            Menurut sejarawan Jerman Friedrich Meinecke (1862-1952) historisisme adalah refleksi dari perubahan dalam pemikiran barat menjauh dari ide, bahwa kebenaran adalah universal dan terlepas dari waktu dan tempat. Sedangkan Wilhelm von Humboldt (1767-1835) historisisme berarti pemahaman peran bahasa sebagai dasar dari semua pengetahuan.
            Pemikir historisisme Friedrich Schleiermacher (1768-1834) berpendapat bahwa ide untuk menjelaskan bagaimana sejarawan bisa mencapai pemahaman tentang makna kunci dalam dokumen sumber primer. Selanjutnya ia mengembangkan ilmu hermeneutika atau penafsiran teks-teks, yang kemudian disetujui oleh Croce dan Collingwood.
            Salah satu implikasi utama historisisme adalah bahwa kebenaran dalam ilmu pengetahuan dan kebenaran dalam budaya harus berbeda. Kesimpulan ini sebagai respon munculnya positivis Comtean yakni Wilhelm Dilthey (1833-1911), Heinrich Ricky (1863-1936), dan George Simmel (1858-1918).

  •      HISTORISISME, SEJARAH DAN BENTUK DOCUMENTER.
            Tujuan dasar dari persekutuan sejarah baru yang profesional dan realis adalah untuk menemukan fakta-fakta pengalaman masa lalu dalam arsip, dan kemudian kembali menceriterakan apa yang terjadi dengan hiasan sesedikit mungkin baik yang bersifat konseptual maupun ideologis.
            Perkataan Ranke yang paling terkenal tentang sejarah adalah bahwa masa lalu untuk menilai keuntungan dari usia masa depan. Artinya sejarawan harus mengungkapkan bukan hanya apa yang terjadi dan bagaimana, tetapi apa arti pentingnya. Arti sebenarnya masa lalu hanya bisa melalui pemeriksaan yang kritis dan rumit dari sumber-sumber dokumenternya.

  •   EMPIRISME ILMIAH.
            Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 dapat dengan mudah mendeteksi otoritas serta kekayaan berbagai pendekatan ilmiah untuk sejarah. Aliran positivis Perancis sejarawan Hippolyte Taine (1828-1893), para sejarawan ekonomi faktual Amerika Edward P Cheyney (1861-1947), dan kemudian sejarawan Inggris J.B Bury (1861-1927) percaya dalam mengejar hukum, semua perilaku manusia melalui pengumpulan fakta-fakta. Menurut J.B Bury sejarah harus dipandang sebagai ilmu, tidak kurang dan tidak lebih.
            Sebagian besar sejarawan empiris lainnya dari sekolah rekontruksionis berkeyakinan bahwa fakta adalah fragmen dari realitas masa lalu. Masa lalu tidak hanya ada tetapi bisa didekati, dipahami, dan akurat dijelaskan. Sejarah meskipun dalam pendekatan ilmiah dan ilmu pengamatan, juga merupakan ilmu penalaran. Kepercayaan pada ilmu pengetahuan, empirisme dan referensi merupakan hal terpenting.

  •    BAHAN BAKU.
            Sejarawan pada akhir abad ke-19 melihat sejarah sebagai tujuan, karena menghindari berbagai asumsi dalam bentuk teori, hukum, ideologi, filsafat, dan narasi berbahaya emotif. Munculnya referensi nomor dalam teks sejarah tercermin keutamaan tekno sumber majelis rakyat.
            Serangkaian pertanyaan yang ditujukan untuk sumber adalah sebagai berikut : Apakah sumber otentik ? Kapan sumber diproduksi ? Apa jenis sumber itu? Bagaimana menjadi ada ? Bagaimana diandalkan adalah penulis sumber ? Bagaimana sumber dipahami pada saat itu ? Bagaimana sumber berhubungan dengan sumber lain ? Keaslian, kencan, perbandingan dan verifikasi adalah penting dari metodologi pembuktian.

  •    KORESPONDENSI.
           Batas-batas pengetahuan sejarah bagi Collingwood ditetapkan oleh otonomi sejarawan, dalam arti mereka menggambar mungkin atau kemungkinan dan ketergantungan mereka pada bukti. Jadi apa yang sebenarnya terjadi adalah apa bukti menunjukkan kepada sejarawan berpengetahuan dan canggih.
            Teori korespondensi tergantung pada keyakinan dalam realisme, dapat diketahui pada tingkat di luar dari pernyataan deskriptif tunggal, realitas dan integritas tidak masalah.
            
KESIMPULAN.
            Sejarawan pada akhir abad ke-20 kembali ke pertanyaan tentang bentuk dan representasi, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kant, Hegel, Nietzsche dan Vaihinger untuk mengetahui sejarah sebagai sumber, sebagai kesimpulan, dan sebagai representasi akurat.
            Epistimologi realis menerima ekspresi penuh dalam gagasan bahwa hanya bukti baru dapat mengubah interpretasi atau makna. Implikasinya adalah bahwa representasi sangat penting karena deskripsi tidak dapat mengubah kenyataan baik tingkat pernyataan deskriptif tunggal atau penafsiran penuh.
            Namun demikian kontruksionis empiris tidak pernah menyangkal keberadaan dan kegunaan epistemologis dari sebuah proposisi apriori. Imajinasi dan puisi, emplotment dan bahasa kiasan, teori spekulatif dan nilai laporan konvensional tidak menemukan tempat dalam sejarah profesional.
            Mekanisme untuk menunjukkan realitas masa lalu tetap metodologi empiris analitis, kesimpulan dan argumen rasional.

1 comment: